top of page
foodtechzefanyal22

Antusias! Siswa SMAK Frateran Surabaya Berkunjung ke FTP UKWMS

Jumat, 20 Oktober 2023 – Siswa SMAK Frateran Surabaya berkunjung ke Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS). Kegiatan yang dimulai pukul 11.30 WIB ini diikuti oleh 14 orang siswa dari SMAK Frateran Surabaya. Bertempat di Laboratorium Mikrobiologi Industri Pangan FTP UKWMS, para siswa diajak berkenalan dengan berbagai mikroba serta pemanfaatannya, khususnya mikroba yang berperan dalam pembuatan yoghurt.

Sebelum kegiatan dimulai, terlebih dahulu dibagikan salah satu produk unggulan FTP UKWMS, yaitu produk dari Olahpangan. Para siswa SMAK Frateran menunjukkan antusiasme yang tinggi sejak dimulainya kegiatan di Laboratorium Mikrobiologi Industri Pangan maupun ketika dibagikan produk dari Olahpangan FTP UKWMS.

Kegiatan pemanfaatan mikroba untuk pembuatan yoghurt ini dipimpin oleh Ibu Dr. Netty Kusumawati S.TP., M.Si. yang memberikan penjelasan mengenai pembuatan yoghurt. Sebelum masuk ke inti kegiatan yaitu pembuatan yoghurt, para siswa SMAK Frateran Surabaya terlebih dahulu diberikan kuis mengenai yoghurt. Setelah kuis, diberikan review atau pembahasan mengenai kuis yang sudah dikerjakan oleh para siswa. Selama dilakukan review kuis ini, para siswa juga diberi kesempatan untuk mencoba produk Olahpangan yang sebelumnya telah dibagikan di awal kegiatan.

Kegiatan kembali dilanjutkan dengan para siswa terlebih dahulu diberikan kesempatan untuk memilih topik pembahasan. Dari dua pilihan yang diberikan, para siswa SMAK Frateran Surabaya memilih topik kimchi yang selanjutnya dijelaskan oleh Ibu Netty. Tak hanya diberikan penjelasan mengenai kimchi, para siswa juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan tanya jawab mengenai topik yang mereka pilih. Antusiasme kembali mereka tunjukkan melalui keaktifan mereka selama kegiatan diskusi. Para siswa secara bergantian menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Ibu Netty dengan tepat.

Setelah diskusi dan penjelasan mengenai kimchi, akhirnya para siswa tiba di inti acara yang ditunggu-tunggu. Mereka diberikan kesempatan untuk mempraktekkan penjelasan yang sudah diberikan tentang pembuatan yoghurt dengan memanfaatkan mikroba. Para siswa diberikan kesempatan untuk membuat yoghurt secara mandiri dengan didampingi oleh mahasiswa FTP UKWMS. Dibagi ke dalam 2 kelompok beranggotakan 7 orang, para siswa terlihat antusias selama proses pembuatan yoghurt. Secara bergantian mereka mempraktekkan apa yang sudah mereka ketahui tentang proses pembuatan yoghurt. Mengikuti arahan dan panduan yang diberikan oleh mahasiswa FTP UKWMS, para siswa akhirnya menyelesaikan pembuatan yoghurt.

Tak hanya produk olahan roti dari Olahpangan saja, namun para siswa juga diberikan kesempatan untuk mencicipi yoghurt dengan topping jelly yang sudah dibuat sebelumnya. Para siswa terlihat sangat senang saat mengonsumsi yoghurt bersama-sama. Kegiatan pemanfaatan mikroba ini mendapatkan respons yang amat positif dari para siswa. Bahkan, ketika dilakukan sesi wawancara di akhir kegiatan bersama beberapa siswa SMAK Frateran Surabaya, mereka menunjukkan ketertarikannya untuk masuk ke FTP UKWMS.


Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan selanjutnya, ya! (TV)



Tags:

44 views0 comments

Comments


bottom of page