top of page
Writer's pictureIvan Jose Susanto

Antusias! Siswa SMAK Santo Yusuf Surabaya Berkunjung ke FTP UKWMS



Jumat, 15 Desember 2023 – Siswa SMAK Santo Yusuf Surabaya berkunjung ke Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS). Kegiatan yang dimulai pukul 8.30 WIB ini diikuti oleh 30 orang siswa/i dari SMAK Santo Yusuf Surabaya. Bertempat di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan dan Mikrobiologi Industri Pangan FTP UKWMS, para siswa diberi pengenalan tentang mata kuliah serta pemaparan manfaat yang akan didapatkan bila berkuliah di Jurusan Teknologi Pangan.


Di akhir pemaparan materi, siswa SMAK Santo Yusuf Surabaya diberikan cemilan ringan dari singkong, para siswa awalnya mengira cemilan ringan tersebut merupakan kentang goreng dan merekapun tertawa saat mengetahui bahwa olahan yang disediakan merupakan singkong goreng. Para siswa tampak antusias untuk mengonsumsi sajian yang diberikan sampai habis. Setelah pemaparan materi di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan, para siswa melanjutkan Lab Tour FTP. Laboratorium yang dikunjungi berikutnya adalah Laboratorium Mikrobiologi Industri Pangan.


Di laboratorium ini para siswa disambut oleh Bu Ira selaku ketua laboratorium. Bu Ira memaparkan kegiatan apa saja yang dilakukan serta produk apa saja yang dapat dihasilkan di Laboratorium Mikrobiologi Industri Pangan. Disaat yang sama ada para mahasiswa dan mahasiswi yang sedang melakukan penelitian dengan menghitung jumlah koloni bakteri pada cawan petri sehingga menjadi contoh langsung daripada kegiatan sehari-hari mahasiswa FTP di laboratorium tersebut. Tak terasa penjelasan di Lab Mikrobiologi telah selesai. Berikutnya, para siswa/i bergegas ke Laboratorium Pengendalian Mutu dan Laboratorium Pengujian Sensoris Pangan. 


Di Laboratorium Pengujian Sensoris Pangan dapat terlihat oleh siswa/i ada belasan bilik tertutup. Nah, disampaikan oleh Bu Maria selaku kepala Lab Pengendalian Mutu dan Uji Sensori menjelaskan alasan keberadaan bilik-bilik tertutup pada lab uji sensoris. Bilik yang ada merupakan tempat panelis melakukan pengujian secara anonim serta individu agar menjaga keaslian hasil penilaian tanpa ada bias dan murni dari masing-masing panelis yang sedang mencoba produk. Semua agenda telah terlampaui, kegiatan FTP Tour pun telah berakhir, para siswa kembali melanjutkan campus tour di Kampus Widya Mandala Surabaya selanjutnya dan dengan ini  berakhirlah kegiatan Lab Tour FTP. Salam hangat, Terima kasih telah membaca! (S).




Tags:

26 views0 comments

Comments


bottom of page