top of page
Writer's pictureIvan Jose Susanto

Foodtech Welcoming You “Flavouring Your Future”

Sabtu, 10 Agustus 2024, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS) mengadakan acara Foodtech Welcoming You yang bertema “Flavouring Your Future” yang bertujuan untuk lebih mengenalkan FTP UKWMS kepada para mahasiswa baru dan orang tua mahasiswa angkatan 2023 dan 2024. Acara ini dilaksanakan di Auditorium A201 UKWMS. Kegiatan diawali dengan registrasi awal orang tua serta mahasiswa FTP angkatan 2023 dan 2024. Selanjutnya para undangan dipersilakan untuk masuk ke dalam ruangan dan duduk di tempat yang telah disediakan. Sesi yang pertama adalah sesi pembukaan yaitu sambutan dari dekan FTP Dr. Ignatius Srianta, S.TP., MP. Sesi selanjutnya merupakan sesi sharing dari 3 narasumber hebat dan profesional di bidang pangan yaitu Fransisca Tedjo, S.TP. yang merupakan alumni FTP UKWMS dan saat ini bekerja sebagai Kepala Badan Keamanan Pangan Mutu Nasional di PT Smart tbk. Narasumber kedua adalah Halim Wibawa Santoso S.TP yang juga merupakan alumni FTP UKWMS dan memiliki usaha bakery (HW Bakery) dan narasumber ketiga yaitu Pramudita Ananta P., S.E., M.M yang merupakan praktisi dari Sono Kembang Catering. Ketiga narasumber memberikan sharing yang dapat membangun semangat dan membuat para undangan menjadi lebih paham bahwa jangkauan pekerjaan untuk lulusan FTP tidak hanya sebatas quality control (QC) namun dapat menjadi manager trainee, supervisor, hingga owner dari sebuah perusahaan pangan. Sesi sharing dipandu dengan apik dan menyenangkan oleh moderator, Dr. rer. nat. Ignasius Radix AP Jati, S.TP., MP. (Wakil Dekan I FTP UKWMS). Antusiasme para undangan dapat terlihat di saat sesi tanya jawab dan beberapa sharing dari beberapa orangtua yang merupakan alumni Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sehingga suasana pada sesi sharing ini sangat interaktif dan menyenangkan.


Setelah menyimak sharing yang menarik, acara dilanjutkan dengan sesi pengenalan Fakultas Teknologi Pertanian dan Program Studi Teknologi Pangan UKWMS yang disampaikan oleh Dr. Ir. Susana Ristiarini, M.Si. Sesi ini diberikan agar para orangtua dan mahasiswa baru lebih mengenal FTP dan mengerti apa saja yang akan dipelajari oleh mahasiswa dan pengalaman studi apa saja yang dapat diperoleh selama menjalani studinya di FTP UKWMS. Ibu Risti memberikan gambaran mengenai beragam mata kuliah yang dapat diambil, keunggulan dari program studi teknologi pangan, kelengkapan laboratorium, dan peluang untuk mengembangkan skill melalui beberapa program yang diadakan oleh FTP seperti IISMA (Indonesian International Student Mobility Award), dan masih banyak lagi.

Sesi selanjutnya adalah pengenalan mahasiswa pendamping, dosen, dan tenaga kependidikan FTP UKWMS. Sesi ini dimulai dengan menyampaikan perkenalan diri serta penyampaian sepatah dua kata untuk memberikan semangat dan selamat datang kepada para mahasiswa baru. Sesi ini diadakan agar para mahasiswa baru lebih mengenal seluruh mahasiswa pendamping, dosen dan tenaga kependidikan yang akan membantu dalam berproses selama di FTP UKWMS.



Sesi berikutnya merupakan sesi tanya jawab antara orangtua dan dosen terkait dengan bagaimana proses berjalannya kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lainnya di FTP UKWMS seperti study tour dan lain-lain. Sedangkan untuk para mahasiswa baru diajak ke ruangan A203 dan diberikan pengarahan yang terkait dengan peraturan dan ketentuan untuk Pekan Pengenalan Kampus (PPK) 2024.

Setelah pengarahan dan sesi Q&A berakhir, dilanjutkan dengan FTP tour. Orang tua dan mahasiswa baru dibagi menjadi 3 kelompok dan akan diarahkan untuk lebih mengenal laboratorium yang terdapat di FTP seperti laboratorium pengetahuan bahan, laboratorium gizi pangan, laboratorium analisa pangan, laboratorium pengendalian mutu pangan, laboratorium pengujian sensori, laboratorium penelitian, laboratorium mikrobiologi, laboratorium kimia, dan laboratorium bakery. Para orang tua dan mahasiswa sangat aktif untuk bertanya kepada kepala laboratorium tentang fungsi dan cara kerja berbagai alat di laboratorium. Setelah puas berkeliling seluruh laboratorium FTP, tibalah pada sesi terakhir yaitu makan siang dan ramah tamah. Demikianlah rangkaian acara Foodtech Welcoming You. Sampai jumpa di acara-acara selanjutnya! (AJK).








Tags:

54 views0 comments

Comments


bottom of page