top of page

Glosarium Natto




Nato : Nato merupakan pangan fermentasi yang difermentasi oleh bakteri Bacillus natto, kaya akan manfaat seperti kandungan probiotik, tinggi vitamin K dan antibakteri


Inokulasi : Teknik memisahkan koloni bakteri ke media lain agar mempermudah identifikasi bakteri.

Inkubasi : Waktu yang diberikan untuk proses pertumbuhan bakteri Koagulasi : proses pengadukan cepat untuk mencampurkan koagulan dengan partikel koloid, guna menstabilisasikan partikel koloid sehingga membentuk mikroflok.

pH : Potential hydrogen merupakan satuan yang digunakan dalam menentukan derajat keasaman atau alkalinitas suatu zat berdasarkan ion H+ yang dimiliki vitamin : Senyawa organik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan walaupun hanya dalam jumlah y ang sedikit


Bakteri patogen : Bakteri yang memberikan dampak negatif dengan menimbulkan penyakit atau bersifat patogen Probiotik : Mikroba normal yang ada di dalam tubuh


Inhibitor : Suatu zat kimia yang dapat menghambat atau memperlambat suatu reaksi kimia



Daftar Pustaka Asiska Permata Dewi. 2018. Penetapan Kadar Vitamin C Dengan Spektrofotometri Uv-Vis Pada Berbagai Variasi Buah Tomat. Journal Of Pharmacy and Science. 2(1). Kurniawan, E , Jekti, D , Zulkifli, L. 2019. Aktivitas Antibakteri Ekstrak Metanol Batang Bidara Laut (Strychnos Ligustrina) Terhadap Bakteri Patogen.19(1), 61-69. DOI: 10.29303/jbt.v19i1.1040


Handayani, T. R., Mustofa, F. 2020. Probiotik Untuk Kehamilan : A Review. Avicenna : Journal of Health Research 3(1), 86-91.


Lolo, E. U dan Pambudi Y. S. 2020. Penurunan Parameter Pencemar Limbah Cair Industri Tekstil Secara Koagulasi Flokulasi (Studi Kasus: IPAL Kampung Batik Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia). 5(3)


Pradhananga M. 2019. Effect of processing and soybean cultivar on natto quality using response surface methodology. Nama Jurnal. 173–182.


Rozi, Syahrur A. 2017. Laju korosi dan struktur permukaan baja st 42 pada variasi larutan asam klorida (HCl) dengan inhibitor organik "ekstrak ubi ungu". Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.


Wicaksono dan Bimo, M. 2019. Studi Pengaruh Perbedaan Bahan Baku Kacang Dan Lama Fermentasi Terhadap Produksi Polyglutamic Acid Produk Natto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.


Izar Tyaswikaning Putri. 2016. Teknik persiapan, pembuatan media agar dan inokulasi bakteri staphylococcus aureus di national laboratory animal center, mahidol university, thailand.




18 views0 comments

Comments


bottom of page