top of page
Writer's pictureIvan Jose Susanto

Inovatif! FTP Berkolaborasi dengan PT MAPN dan Komisi PSE Keuskupan Surabaya dalam Kegiatan Abdimas

Sabtu, 23 September 2023 – Tim Abdimas Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS) menggelar kegiatan pelatihan pembuatan produk bakery inovatif dengan sasaran UMKM di Surabaya. Tak sendirian, FTP UKWMS turut menggandeng PT Multi Aneka Pangan Nusantara (PT MAPN), sebuah PT produsen cokelat yang telah berdiri sejak 1952. Kegiatan abdimas ini juga turut mengajak Komisi Pembangunan Sosial Ekonomi Keuskupan Surabaya untuk berkolaborasi dan ikut serta dalam kegiatan pelatihan ini. Kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan FTP UKWMS ini digelar dengan tujuan memberikan pelatihan kepada para peserta pelatihan mengenai olahan bakery yang unik dan inovatif namun juga memiliki daya saing di pasaran.


Kegiatan pelatihan yang digelar oleh Tim Abdimas FTP UKWMS ini dimulai pukul 09.00 WIB. Acara dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UKWMS, yaitu Bapak Dr. Ignatius Srianta, STP., MP. Memasuki acara, peserta kegiatan pelatihan diberikan pengenalan dan penjelasan mengenai Fakultas Teknologi Pertanian UKWMS oleh Ibu Rachel Meiliawati Yoshari, S.TP., M.Si. Selanjutnya, peserta diberikan penjelasan mengenai produk yang akan dibuat, yaitu chapssal doughnut dan vegan brownies. Chapssal doughnut adalah kreasi olahan donut yang dibuat dari campuran tepung beras dan tepung terigu. Sementara itu, vegan brownies merupakan kreasi olahan dari produk brownies dimana salah satu bahan pembuatannya yang berupa bahan hewani, yaitu telur, digantikan dengan tahu sutra. Pemaparan yang diberikan kepada peserta mengenai dua produk inovatif yang akan dibuat ini berhasil meningkatkan antusiasme para peserta untuk mengikuti kegiatan pelatihan.


Setelah diberikan penjelasan mengenai produk yang akan dibuat, para peserta pelatihan diberikan pre-test mengenai chapssal doughnut dan vegan brownies sebelum memulai pembuatan kedua produk bakery inovatif tersebut. Menjelang proses pembuatan kedua produk tersebut, peserta kegiatan diberikan penjelasan mengenai proses pembuatan produk oleh Chef Ali Abdillah selaku perwakilan dari PT MAPN yang turut berkolaborasi bersama Tim Abdimas FTP UKWMS dalam kegiatan ini. Memasuki proses pembuatan chapssal doughnut dan vegan brownies, peserta yang terdiri dari 32 orang dibagi menjadi 4 kelompok. Peserta akan membuat chapssal doughnut dan vegan brownies secara berkelompok di bawah bantuan dan pantauan dari Chef Ali Abdillah. Produk pertama yang dibuat oleh para peserta pelatihan ini adalah vegan brownies yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan chapssal doughnut. Kegiatan pelatihan ini direspon baik oleh para peserta, hal ini ditunjukkan dengan antusiasme para peserta yang aktif bertanya kepada Chef Ali Abdillah selama proses pembuatan. Antusiasme para peserta selama kegiatan pelatihan amat terasa.


Peserta tampak sangat menikmati kegiatan pelatihan pembuatan chapssal doughnut dan vegan brownies ini. Antusiasme para peserta ini ditunjukkan dengan para peserta yang aktif bertanya kepada Chef Ali Abdillah selama proses pembuatan chapssal doughnut dan vegan brownies. Setelah proses pembuatan kedua produk tersebut selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah. Peserta diberikan waktu untuk beristirahat dan makan siang. Sama halnya seperti sebelum proses pembuatan produk dilaksanakan, setelah sesi istirahat para peserta diberikan post test mengenai produk yang baru saja dibuat, yaitu chapssal doughnut dan vegan brownies. Seusai post test, diadakan sesi evaluasi untuk menilai hasil produk yang telah dibuat oleh para peserta yang telah terbagi menjadi 4 kelompok. Evaluasi diberikan untuk masing-masing kelompok. Tak hanya melakukan pengolahan produk, keseruan kegiatan pelatihan ini dilanjutkan dengan mini games. Mini games ini berupa kuis berhadiah yang diikuti oleh para peserta. Di akhir acara, para peserta diajak untuk berfoto bersama. Chef Ali Abdillah tak lupa mengungkapkan pesan dan kesannya setelah kegiatan abdimas ini dilaksanakan.


“Acara hari ini berjalan dengan seru dan lancar. Semoga kedepannya dapat mengadakan acara seperti ini lagi secara berkelanjutan dengan menu yang lebih bervariatif,” tutur Chef Ali Abdillah.

Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan Abdimas selanjutnya, ya! (TV)





Tags:

77 views0 comments

Commentaires


bottom of page