top of page
Writer's pictureIvan Jose Susanto

Jalan-Jalan Sambil Belajar, Mahasiswa FTP UKWMS Berkunjung ke Pabrik Ice Cream Terbesar di Indonesia


Jumat, 17 November 2023 – Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS) berkesempatan berkunjung ke pabrik ice cream terbesar di Indonesia, yaitu PT. Aice Ice Cream Jatim Industry. Kunjungan ke pabrik ice cream terbesar di Indonesia ini dalam rangka kegiatan kunjungan pabrik yang diikuti oleh seluruh mahasiswa FTP angkatan 2023. Tak sendirian, dalam kegiatan kunjungan pabrik ke PT. Aice Ice Cream Jatim Industry ini mahasiswa FTP angkatan 23 didampingi oleh Ibu Laurensia Maria Yulian D.D., S.Pt., M.Biotech.

Sebelum keberangkatan, para peserta kegiatan kunjungan pabrik berkumpul di Plaza St. Agustinus kampus Dinoyo untuk diberikan briefing dan gambaran kegiatan kunjungan pabrik oleh panitia. Pukul 08.30, rombongan berangkat menggunakan bus menuju PT. Aice Ice Cream Industry yang berlokasi di Kawasan Industri Ngoro Industrial Park, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Antusiasme para peserta kegiatan kunjungan pabrik sudah ditunjukkan sejak awal kegiatan. Antusiasme ini ditunjukkan melalui kecerian para peserta yang menikmati perjalanan dengan bercengkrama dan bernyanyi bersama. Setelah menempuh perjalanan selama satu setengah jam, rombongan akhirnya tiba di PT. Aice Ice Cream Industry.

Setibanya di lokasi, para peserta dan panitia melakukan sesi foto bersama. Peserta kegiatan kunjungan pabrik disambut oleh Bu Sinta, salah satu karyawan PT. Aice Ice Cream Industry dari bagian General Affair yang akan memandu jalannya kegiatan kunjungan pabrik. Antusiasme para peserta kegiatan kunjungan pabrik kembali ditunjukkan ketika peserta mulai memasuki pabrik ice cream terbesar di Indonesia ini. Para peserta kunjungan pabrik dibuat berdecak kagum ketika melihat hamparan mesin-mesin yang digunakan untuk produksi ice cream.



Tak hanya jalan-jalan mengelilingi pabrik saja, namun peserta kunjungan pabrik diberikan berbagai pengetahuan baru seputar ice cream. Bu Sinta menjelaskan beberapa hal tentang PT. Aice Ice Cream Industry, diantaranya adalah sejarah berdirinya ice cream Aice, perjalanan ice cream Aice hingga berhasil mendirikan pabrik ice cream terbesar di Indonesia, hingga pencapaian-pencapaian luar biasa yang berhasil dicapai oleh PT. Aice Ice Cream Industry. Beberapa pencapaian PT. Aice Ice Cream Industry tersebut diantaranya adalah menjadi sponsor resmi dari Asian Games 2018 dan FIFA World Cup di Qatar pada tahun 2022.

Antusiasme dan keseruan para peserta kunjungan pabrik memuncak ketika diberikan kesempatan untuk mencoba produk-produk ice cream buatan PT. Aice Ice Cream Industry. Tak hanya satu, namun peserta diberi kesempatan untuk mencicipi berbagai rasa dan inovasi produk ice cream yang diproduksi oleh pabrik tersebut. Dalam sesi ini, peserta tak hanya diberikan kesempatan untuk mencoba berbagai produk ice cream Aice saja, tetapi peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan sesi tanya jawab dengan Bu Sinta. Para peserta kunjungan pabrik terlihat aktif mengajukan berbagai pertanyaan seputar proses pembuatan ice cream hingga hal-hal yang berkaitan dengan PT. Aice Ice Cream Industry. Jawaban yang diberikan oleh Bu Sinta selama sesi tanya jawab memperkaya pengetahuan para peserta kunjungan pabrik mengenai ice cream.

Sesi tanya jawab ini sekaligus menjadi penutup dari kegiatan kunjungan pabrik ke PT. Aice Ice Cream Industry. Peserta yang masih terlihat antusias kembali berkumpul di dekat bus untuk selanjutnya melakukan perjalanan kembali ke kampus. Sekitar pukul 12.00 WIB rombongan kegiatan kunjungan pabrik memulai perjalanan kembali ke kampus. Setelah menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam, rombongan tiba di UKWMS kampus Dinoyo.

Kegiatan kunjungan pabrik ini menjadi momen yang amat berkesan bagi para peserta. Sebab, tak hanya diberi kesempatan untuk berkunjung ke pabrik ice cream terbesar di Indonesia, namun para peserta juga mendapat banyak pengetahuan baru seputar teknologi pangan, khususnya mengenai ice cream. Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan selanjutnya, ya! (TV)



Tags:

25 views0 comments

Comments


bottom of page