top of page
Writer's pictureFTP UKWMS

Kunjungan SMA St. Hendrikus Surabaya di FTP UKWMS





Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS) kedatangan siswa siswa dari SMA St. Hendrikus Surabaya. Kunjungan akan diadakan selama empat hari yang dimulai pada hari ini, 5 Juni 2023. Kegiatan dimulai oleh sambutan dari Dekan FTP yaitu Pak Srianta yang dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama Bu Virly. Pada sesi diskusi ini membahas mengenai apa saja yang akan dipelajari di Teknologi Pangan nantinya. Siswa siswi terlihat antusias dalam mengikuti sesi diskusi tersebut. Selain itu, Bu Virly juga menjelaskan peluang karir setelah lulus dari teknologi pangan seperti, wirausaha pangan, konsultan industri pangan, konsultan gizi, warehouse management, akademisi, dan masih banyak lain.




Sesi kedua dilanjutkan oleh pengarahan dengan Pak Victor yang membahas mengenai prospek kerja di kemudian hari. Beliau juga menjelaskan pada teknologi pangan tidak hanya memasak namun juga mempelajari mengenai ilmu serta sains dari makanan. Salah satu contohnya pada pemasakan ikan salmon yang dimasak pada bagian skin atau kulitnya terlebih dahulu. Hal tersebut tentunya akan dipelajari di teknologi pangan. Selain itu, pada sesi ini Pak Victor juga menjelaskan mengenai rangkaian kegiatan selama 4 (empat) hari kedepan. Pak Victor juga menambahkan bahwa selama produksi roti nantinya, siswa siswi yang akan diberikan hairnet, sarung tangan, dan menggunakan jas lab serta menggunakan sepatu yang tertutup. Sesi kedua ini ditutup dengan snack time selama 15 menit sebelum siswa siswi berkeliling untuk mengunjungi laboratorium di FTP UKWMS.



Pada sesi selanjutnya, siswa siswi SMA St. Hendrikus Surabaya melakukan kunjungan fasilitas laboratorium yang terdapat di FTP UKWMS. Kunjungan ini dipandu oleh Bu Virly dan Pak Victor. Laboratorium pertama yang dikunjungi adalah Laboratorium Analisa Pangan & Instrumen yang dilanjutkan pada Laboratorium Pengawasan Mutu Pangan. Kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi Laboratorium Pengujian Sensoris Pangan dan Laboratorium Penelitian. Siswa siswi SMA St. Hendrikus Surabaya kemudian diajak untuk mengunjungi laboratorium lantai 3 yaitu Laboratorium Kimia dan Laboratorium Bakery & Penelitian. Laboratorium yang dikunjungi selanjutnya berada di lantai 2 yaitu laboratorium Mikrobiologi Industri Pangan, Laboratorium Biokimia Pangan dan Gizi, serta Laboratorium Pengetahuan Bahan, Pengemasan, dan Penggudangan. Laboratorium terakhir yang dikunjungi adalah Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan. Pada laboratorium inilah siswa siswi SMA St. Hendrikus Surabaya melaksanakan sesi terakhirnya yaitu membuat roti manis.



Pembuatan roti manis dipandu oleh 2 (dua) student staff yaitu Kak Ivana dan Kak Melly. Siswa siswi SMA St. Hendrikus Surabaya sangat antusias dalam pembuatan roti. Mereka diajak untuk turun langsung dalam proses pembuatan roti. Mulai dari menimbang, mixing, hingga mengemas roti. Roti yang telah matang kemudian dikemas dan akan dilaksanakan pengujian sensoris pada keesokan harinya pada hari kedua. Sekian Kunjungan SMA St. Hendrikus hari pertama. Penasaran dengan kegiatan hari kedua? Yuk stay tune di website FTP ya! Jangan sampai ketinggalan! Good bye semua!

Tags:

17 views0 comments

Comentários


bottom of page