top of page
Writer's pictureJosephine Vianita Oeswadi

Kunjungan SMA St. Hendrikus Surabaya ke FTP UKWMS Hari ke-2


Pada Hari Selasa, 6 Juni 2023, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS) kembali kedatangan siswa/i dari SMA St. Hendrikus Surabaya. Kegiatan hari ini dibuka dengan pengarahan sekaligus pemaparan materi mengenai uji sensoris di Industri Food and Beverage.

Setelah pemaparan materi selesai, siswa/i SMA St. Hendrikus Surabaya diarahkan untuk memasuki Laboratorium Uji Sensoris Pangan untuk ikut serta dalam praktik pembuatan permen dengan bahan dasar gula. Pada sesi ini, mereka diajarkan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat permen, misalnya ketepatan suhu pemanasan dan pemilihan jenis gula yang dipakai. Kegiatan di Laboratorium ini dipandu oleh Bu Maria, Bu Danet, dan seorang mahasiswa pendamping. Siswa/i SMA St. Hendrikus terlihat antusias memperhatikan pembuatan produk permen. Setelah melakukan praktik, siswa/i SMA St. hendrikus diberi waktu istirahat selama 1 jam.

Pada sesi berikutnya, siswa/i SMA St. Hendrikus diberikan pengarahan dan pemaparan materi mengenai analisa kimia di Industri Food & Beverage serta kompetensi yang diperlukan untuk berwirausaha pangan. Kegiatan berlangsung interaktif antara Ibu Widoeri dan siswa/i SMA St. Hendrikus karena siswa/i terlihat antusias dan aktif bertanya.

Kegiatan hari ini ditutup dengan sesi terakhir, yaitu praktik analisis kimia di Laboratorium Analisa Pangan dan Instrumentasi. Sebelum memasuki Laboratorium, mereka diwajibkan memakai jas laboratorium demi keamanan selama berada didalam laboratorium. Pada sesi ini, mereka melakukan praktik analisa bahan kimia, yaitu mengenai kadar air dan kadar gula. Sekian Kunjungan SMA St. Hendrikus Surabaya di hari kedua. Yuk! stay tune di website FTP untuk melihat kira-kira seperti apa kegiatan di hari ketiga dan keempat besok. Sampai jumpa!



Tags:

19 views0 comments

Comments


bottom of page