top of page
foodtechzefanyal22

Pekan Pengenalan Kampus (PPK) dan SBPT FTP UKWMS 2023 Hari Ketiga

Updated: Sep 1, 2023

Rabu, 30 Agustus 2023 - Kegiatan Pekan Pengenalan Kampus hari ketiga memperkenalkan para mahasiswa baru mengenai dinamika praktikum dan pengenalan terkait dosen penasihat akademik. Para maba yang telah datang dan absensi langsung disambut oleh Kak Clara dan Kak Toni selaku pemandu acara pada hari ini. Acara dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Kak Sandra. Sebelum memasuki sesi materi, Kak Clara dan Kak Toni mengajak para maba untuk berlatih menyanyikan mars dan hymne UKWMS. Sesi pertama dibawakan oleh Bu Maya mengenai unit usaha pangan yang dimiliki oleh program studi teknologi pangan UKWMS yaitu Olahpangan. Bu Maya menjelaskan apa saja yang diperlukan dalam mempelajari pembuatan roti. Bu Maya juga mengarahkan apa saja yang akan dilakukan maba pada saat melakukan kegiatan seru di Lab TPP nanti.

Pak Victor selaku dosen pendamping juga memberikan materi mengenai penjelasan dosen penasihat akademik dan konsep KRS. Setelah sesi bersama Pak Victor, para maba diajak untuk kunjungan ke unit usaha FTP yaitu Olahpangan. Bu Maya ditemani dengan Tim Olahpangan. mendampingi para maba untuk berkreasi sebebas mungkin dengan adonan roti yang sudah disiapkan dan topping yang disediakan. Sesi terasa sangat seru karena maba dapat menuangkan kreativitasnya dalam membentuk olahan roti manis. Para mahasiswa baru diberikan waktu istirahat terlebih dahulu menikmati aneka jajanan tradisional yang mereka bawa sendiri, sebelum memasuki sesi yang paling ditunggu-tunggu yaitu dinamika praktikum. Setelah beristirahat, para maba diajak untuk menuju laboratorium sesuai pembagian kelompoknya masing-masing.

Dinamika praktikum kali ini menggunakan 5 laboratorium yaitu laboratorium PB bersama Bu Maria dan Pak Bowo dengan topik hard candy kopi, laboratorium TPP bersama Pak Thomas dan Bu Paini dengan topik sosis, Laboratorium Gizi bersama Bu Widoeri, Bu Ingani, dan Bu Yayuk dengan topik susu nabati, Laboratorium MIP bersama Bu Ira dan Bu Netty dengan topik yoghurt buah, dan yang terakhir yaitu laboratorium P3 bersama Bu Rachel dan Pak Ruli dengan topik nugget ayam bayam. Menurut Andre yang telah melakukan praktikum dengan topik hard candy kopi sangat seru dan dengan adanya praktikum tadi Andre merasa ia bisa lebih dekat dengan teman-teman lainnya. Melalui adanya dinamika praktikum hari ini, diharapkan para mahasiswa baru memahami suasana dan sistem pembelajaran yang ada.

Sesi dilanjutkan dengan bertemunya mahasiswa baru dengan dosen penasihat akademiknya masing-masing. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan mahasiswa baru dapat memahami fungsi dan peran adanya dosen penasihat akademik selama mahasiswa tersebut masih aktif berkuliah. Lelah sehabis menjalani praktikum, para maba menuju lab TPP didampingi oleh para kakak mahasiswa pendamping untuk istirahat makan siang. Sesi makan siang PPK hari ketiga sangat menarik karena makanan yang disajikan merupakan hasil olahan makanan dari Lab TPP FTP UKWMS. Sesi hari ini ditutup dengan kesimpulan yang disampaikan oleh Bu Maya. Namun sebelum pulang, para mahasiswa baru masih harus berlatih yel-yel dan penampilan fakultas. Sekian kegiatan Pekan Pengenalan Kampus 2023 hari ketiga. Tunggu keseruan lainnya di hari berikutnya! (ZL)



Tags:

45 views0 comments

Comments


bottom of page