top of page
Writer's pictureIvan Jose Susanto

Pelatihan Pengolahan Produk Pangan Bagi Siswa SMA Kristen Petra 4, Sidoarjo Bersama FTP UKWMS


Jumat, 20 Oktober 2023 - Siswa siswi SMA Kristen Petra 4, Sidoarjo mendapatkan kesempatan berkunjung ke Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS). Para siswa serta guru pendamping datang dan disambut dengan hangat oleh mahasiswa pendamping, lalu diarahkan menuju auditorium A301. Acara pelatihan ini dibuka oleh Angelina (FTP'20) sebagai MC, dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FTP, Bapak Dr. Ignatius Srianta dan perwakilan dari guru SMA Kristen Petra 4. Tak kenal maka tak sayang, Arco (FTP'20) selaku duta FTP UKWMS menyampaikan dan memperkenalkan profil Fakultas Teknologi Pertanian, agar nantinya para siswa tertarik bergabung menjadi mahasiswa FTP UKWMS.


Sesi selanjutnya, para siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar untuk melakukan pelatihan pengolahan produk pangan. Pelatihan pengolahan produk pangan dilaksanakan di Laboratorium Biokimia-Kimia Pangan & Gizi dan Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan (TPP). Di Laboratorium Biokimia-Kimia Pangan & Gizi, terdapat dosen dan mahasiswa pendamping yang siap membantu, diantaranya: Ibu Laurensia Maria Yulian D. D, S.Pt., M. Biotech, Ibu Rachel Meiliawati Y, S.TP., M. Si, Felicia (FTP'19), Arco, Ajeng, dan Violin (FTP'20). Di Laboratorium Biokimia Pangan, para siswa diajarkan seputar pembuatan nugget bayam dan jelly drink bunga telang oleh Violin (FTP'20) & Felicia (FTP'19). Sebelum memulai materi, para siswa mengerjakan kuis yang disediakan. Setelah itu, para siswa menyimak materi yang disampaikan tentang pembuatan nugget bayam & jelly drink bunga telang. Inilah saat yang ditunggu-tunggu, para siswa dipersilahkan untuk mencoba membuat nugget bayam & jelly drink bunga telang. Para siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang berisi 8-9 orang dengan 1 mahasiswa pendamping. Para mahasiswa pendamping mempraktikkan langkah-langkah pembuatan nugget bayam & jelly drink terlebih dahulu lalu dilanjutkan oleh para siswa. Adapun jelly drink bunga telang yang dibuat oleh para siswa terdapat 2 variasi yakni jelly drink bunga telang dengan penambahan asam sitrat dan jelly drink bunga telang tanpa asam sitrat. Para siswa diajak untuk berdiskusi mengenai perbedaan warna dari jelly drink bunga telang yang sudah dibuat. Di tengah proses pengolahan nugget bayam, para siswa sangat antusias bertanya dan berdiskusi dengan mahasiswa pendamping, baik seputar pengolahan produk maupun tentang FTP UKWMS. Setelah proses pengolahan nugget bayam & jelly drink bunga telang, para siswa diperbolehkan untuk mencicipi hasil produk yang mereka buat. Terlihat para siswa sangat menikmati ketika mencicipi produk nugget bayam & jelly drink bunga telang tersebut. Sebelum sesi selesai, para siswa mengisi google form kuis yang sebelumnya, untuk mengukur pemahaman para siswa tentang kegiatan pengolahan produk pangan yang telah dilakukan. Sebelum mengakhiri kegiatan di laboratorium Biokimia Pangan, empat orang perwakilan siswa menyampaikan kesan dan pesan selama pelatihan. Para siswa & guru pendamping pun mendapatkan buah tangan berupa nugget bayam dan jelly drink bunga telang.



Kelompok siswa lainnya melakukan pembuatan bakso sapi di Laborarorium Teknologi Pengolahan Pangan. Mereka juga diajarkan langkah-langkah pembuatan bakso daging sapi yang baik. Variasi bakso sapi yang dibuat yaitu bakso bulat dan kotak. Ada mahasiswa pendamping dan dosen yang siap membantu dalam pembuatan bakso ini, diantaranya ada Bapak Ir. Adrianus Rulianto Utomo, MP. , Irene, Angelina, Nikita, dan Mey (FTP'20). Selain itu, mereka juga dipersilahkan mencicipi bakso buatan mereka bersama dengan guru pendamping.


Selanjutnya, para siswa kelompok Lab TPP diajak oleh kakak-kakak pendamping untuk berkeliling mengunjungi laboratorium-laboratorium FTP UKWMS, salah satunya di Laboratorium Mikrobiologi Industri Pangan. Para siswa melihat proses pembuatan produk fermentasi yang dibuat oleh mahasiswa FTP angkatan 20 yang digunakan dalam penelitian skripsi mereka. Ibu Ir. Ira Nugerahani, M.Si. juga menjelaskan kegiatan apa saja yang mahasiswa biasa lakukan di dalam laboratorium ini. Para siswa juga diajak mengunjungi unit usaha Olahpangan FTP dan melihat tahapan proofing produk roti.


Sampailah di penghujung acara, seluruh siswa-siswi SMA Kristen Petra 4, Sidoarjo mengabadikan keseruan kegiatan dengan foto bersama para guru, mahasiswa pendamping, serta dosen FTP. Demikian keseruan kunjungan dan pelatihan pengolahan produk pangan bersama siswa SMA Kristen Petra 4, sampai jumpa di kesempatan berikutnya!!! (CC)





Tags:

45 views0 comments

コメント


bottom of page