top of page
Writer's pictureIvan Jose Susanto

PPK 2024 DAY 1: We Are Titans!!


Senin, 19 Agustus 2024 - Hari pertama dari Pekan Pengenalan Kampus 2024 (PPK 2024) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). PPK merupakan kegiatan wajib bagi seluruh Mahasiswa baru UKWMS untuk mengenal lingkungan UKWMS, Fakultas Teknologi Pertanian, hingga program studi masing-masing. Pada tahun ini, PPK dikemas dengan tema “Titans” yang memiliki makna filosofis yang mendalam, yaitu: Seorang pejuang pemberani dan kuat yang mampu menaklukkan apapun. Melalui makna tersebut, diharapkan para Mahasiswa baru dapat memiliki motivasi yang kuat untuk memiliki sifat seorang pejuang yang mampu menaklukkan segala tantangan. 

PPK 2024 dibuka dengan meriah di dalam auditorium lantai 3, gedung Avengers UKWMS di Kampus Pakuwon. Acara dimulai dengan sesi perkenalan rektorat, yang terdiri dari Bapak Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt. sebagai Rektor UKWMS, Ibu Ir. Aning Ayucitra, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D.,IPM., ASEAN Eng. sebagai Wakil Rektor I UKWMS, Ibu Sumi Wijaya, S.Si., Ph.D., Apt. sebagai Wakil Rektor II, Ibu Dr. F.V. Lanny Hartanti, S.Si., M.Si. sebagai Wakil Rektor III, dan Ibu Dr. Christina Esti Susanti, S.E., M.M., CPM(AP) sebagai Wakil Rektor IV. Setelah mengenal anggota rektorat UKWMS, Pak Kuncoro sebagai rektor menyampaikan Welcome Speech untuk menyambut seluruh Mahasiswa Baru. Selanjutnya, merupakan sesi penyampaian materi Spirit of Widya Mandala dari Romo Dr. Benny Suwito, M. Hum. dan Romo Ignatius Sadewo Setiabudi. Untuk melengkapi wawasan pengetahuan Mahasiswa Baru akan UKWMS, Pak Kuncoro turut menyampaikan materi Komunitas dan suasana akademik untuk membekali para mahasiswa baru tentang pentingnya menjaga motivasi dan semangat. Beliau tak hanya berbicara mengenai hal akademis saja, namun pengembangan soft skill bagi mahasiswa juga merupakan hal yang sangat penting untuk mempersiapkan masa yang akan datang.

Tak berhenti sampai di sini, Materi mengenai Tour de Library of UKWMS tak kalah penting untuk disampaikan kepada para mahasiswa baru, ditambah lagi informasi tentang keberadaan fasilitas perpustakaan UKWMS di keempat kampus (Dinoyo, Kalijudan, Pakuwon, dan Kota Madiun) yang makin canggih dalam mendukung aktivitas pembelajaran mahasiswa UKWMS. Seusai penyampaian materi yang cukup panjang, tibalah waktu istirahat dan Snack time. Selama sesi Snack time, para mahasiswa baru bertemu dan saling mengenal satu sama lain. 

Setelah sesi istirahat, rangkaian acara PPK hari pertama belum terhenti sampai disini. Pentingnya Soft skills dalam dunia kerja pada zaman sekarang, membuat mahasiswa UKWMS tak hanya dituntut untuk belajar secara akademis di dalam bidang studinya saja, namun juga diharapkan memiliki perkembangan di bidang soft skills-nya, sehingga Ibu Dr. F.V. Lanny Hartanti, S.Si., M.Si. sebagai Wakil Rektor III, menyampaikan bahwa peluang pengembangan Soft Skills di UKWMS sangatlah besar melalui adanya Kebijakan Pengembangan Organisasi Kemahasiswaan baik dalam tingkat Universitas, Fakultas, maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Seusainya, mahasiswa baru diajak untuk melihat bagaimana peluang karir dari lulusan UKWMS dalam sesi Sosialisasi Widya Mandala Career Center (WMCC) oleh Pusat Karir dan Alumni, sehingga mahasiswa mendapat gambaran mengenai perjalanan karirnya di masa yang akan datang. Yang tak kalah menarik, setelah berbicara mengenai karir, mahasiswa baru UKWMS juga dikenalkan pada Kegiatan-kegiatan internasional yang dapat diikuti selama menempuh studi di UKWMS dengan adanya program-program yang terkait kerjasama antara UKWMS dengan pemerintah ataupun universitas di luar negeri. Pengenalan Kegiatan Internasional dibawakan oleh Kantor Urusan Internasional atau dapat juga disebut International Affairs Office (IAO). Setelah mengenal IAO dan kegiatan internasional yang dapat diikuti oleh mahasiswa UKWMS, Mahasiswa dikenalkan pada program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), LMS-Bella, dan Edlink melalui pemaparan materi oleh Bapak Victor Christian Kaharso, S.TP., M.Eng. 

Tak lengkap apabila dalam serangkaian PPK tidak dilengkapi oleh sesi wawasan kebangsaan, oleh karena itu UKWMS mengundang Ibu Agatha Retnosari, S.T., M.HP. yng mana beliau merupakan anggota komisi DPRD Provinsi Jawa Timur Fraksi PDI Perjuangan. Beliau menyampaikan banyak pengalaman berharga mengenai pengalamannya selama mengikuti berbagai kegiatan dan organisasi bahkan sejak beliau duduk di bangku SMP. Menurut beliau, seseorang tidak bisa hanya mengandalkan ilmu dari sekolah saja, namun juga terdapat banyak pelajaran berharga yang dapat diperoleh dari mengikuti berbagai kegiatan organisasi yang membangun dirinya hingga saat ini. Sesi talkshow yang interaktif bersama Ibu Agatha didampingi oleh Bapak Andy Pratama Sulistyo, S.M., M.S.M. sebagai moderator. Setelah banyak mendengar pembelajaran berharga dari para narasumber hebat, mahasiswa kemudian menikmati sesi istirahat sambil menikmati makan siang. Sesi terakhir yang diikuti oleh mahasiswa baru pada hari pertama PPK adalah pengenalan terhadap Garda Pangan sebagai gerakan untuk memperbaiki keadaan krisis pangan di beberapa daerah di Indonesia, yang disampaikan langsung oleh Bapak Dedhy Trunoyudho sebagai Co-founder dan Chief Operating Officer Food Bank Garda Pangan.


PPK 2024 hari pertama pun telah usai dan para mahasiswa dapat pulang dengan membawa bekal pengetahuan yang sangat berharga dari para narasumber yang telah dihadirkan dalam PPK hari pertama. Singkat kata, See you on PPK Day 2! (IJS)






Tags:

21 views0 comments

Comments


bottom of page