top of page
Writer's pictureFTP UKWMS

PPK Hari ke-3: Simulasi Kuliah serta Praktikum dan Temu Daring Dosen Pembimbing Akademik

Updated: Dec 27, 2021

Pekan Pengenalan Kampus (PPK) hari ke-3 tanggal 12 Agustus 2021 merupakan salah satu bagian dari rangkaian besar acara PPK yang dimulai sejak tanggal 9 Agustus 2021. PPK hari ke-3 diawali dengan video pembukaan Unstoppable, dilanjutkan himne serta mars Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. PPK hari ke-3 dibagi menjadi 3 sesi yakni, sesi Simulasi Kuliah Daring, Simulasi Praktikum Daring, dan diakhiri dengan sesi Penasehat Akademik. Setiap sesi tersebut merupakan gambaran bagaimana proses perkuliahan dan konsultasi perkuliahan secara daring dengan Dosen penasihat akademik.



Sesi Simulasi Kuliah Daring dibuka oleh Ketua Program Studi FTP-UKWMS, yakni Dr.Ir. Susana Ristiarini, M.Si. yang memberikan gambaran kepada para Wimates bagaimana proses perkuliahan di Fakultas Teknologi Pertanian dilakukan dengan membawakan salah satu mata kuliah yang akan diterima di semester I yaitu PTP. Pengantar Teknologi Pangan. Pada sesi ini, Ibu Risti menjelaskan mengenai contoh peristiwa difusi pada bahan organik atau produk pangan serta beberapa peristiwa yang melibatkan proses difusi. Pada penjelasannya, beliau memberikan pemahaman berkenaan peristiwa difusi pada bahan pangan, salah satunya adalah perendaman kedelai dalam air saat pembuatan tempe dan karakteristik tempe yang mempengaruhi proses difusi pada keseluruhan proses pembuatan tempe serta pengaruh proses difusi pada pengemas produk pangan. Selain pemaparan dari Ibu Risti, sesi simulasi kuliah daring ini dilengkapi dengan pemutaran video mengenai proses ekstraksi lemon dan penjelasan dari setiap tahapan oleh Ibu Risti sendiri, sehingga diharapkan Wimates dapat memahami teori seiring dengan gambaran aplikasi difusi di bidang pangan. Pada akhir sesi, terdapat pula kuis kecil yang diberikan kepada Wimates sebagai alat untuk mengukur pemahaman mengenai materi yang telah dijelaskan sebelumnya.





Sesi teori pada saat perkuliahan diperjelas dengan proses praktikum yang akan dilakukan oleh mahasiswa pada saat kelas perkuliahan reguler. Sesi Praktikum Daring dibawakan oleh Virly, S.TP., MS. yang membuka sesi dengan memaparkan mengenai pentingnya praktikum bagi mahasiswa FTP serta memberikan pertanyaan singkat kepada para Wimates mengenai penjelasan dari materi Difusi yang telah dipaparkan pada sesi sebelumnya. Sesi Praktikum Daring diawali dengan presentasi mengenai fenomena yang terjadi pada praktikum mandiri mengenai materi Difusi yang telah dilakukan sebelumnya. Pada sesi tersebut terdapat 2 Wimates, yakni Jennifer Elizabeth dan Sharleen Elizabeth memaparkan mengenai hasil dari praktikum mandiri tersebut melalui tabel hasil pengamatan dan foto hasil praktikum serta penjelasan singkat mengenai fenomena tersebut. Sesi Praktikum Daring terdiri dari beberapa bagian acara, yakni diskusi kelompok dan simulasi penugasan laporan praktikum. Sebelum memulai penugasan, Ibu Virly memberikan panduan-panduan umum mengenai bentuk laporan yang harus dikerjakan serta ketentuan daftar pustaka yang valid dan layak dijadikan sumber referensi bagi Wimates saat mengerjakan laporan. Wimates dibagi menjadi 10 kelompok dan setiap kelompok mendiskusikan hasil praktikum yang telah dilakukan masing-masing anggota kelompok, yang selanjutnya akan disusun dalam 1 laporan kelompok.. Sesi praktikum diakhiri dengan video Food Industry Through FTP-UKWMS sebagai pengenalan bagi Wimates mengenai macam-macam praktikum dan laboratorium yang akan dihadapi dan digunakan selama studi di FTP




Sesi terakhir pada acara PPK hari ke-3 merupakan sesi penjelasan Dosen Penasihat Akademik. Sesi diawali oleh Wakil Dekan II FTP-UKWMS, yakni Chatarina Yayuk Trisnawati, S.TP., MP. Ibu Yayuk memberikan gambaran Dosen Penasihat Akademik (DPA) sebagai wali kelas dari Wimates, DPA bertugas untuk memberikan konsultasi kepada Wimates berkaitan dengan kegiatan akademik, khususnya Kartu Rencana Studi (KRS) yang berisi mata kuliah yang akan diambil oleh para Wimates serta memberikan konsultasi mengenai hasil studi dari Wimates, sehingga mampu mendapatkan solusi dan masukan yang tepat terhadap masalah yang Wimates hadapi. Pada sesi tersebut, ditayangkan pula pembagian kelompok praktikum serta pembagian kelompok Dosen Penasihat Akademik bagi Wimates. Pada sesi temu daring dengan Dosen Penasihat Akademik, dibagi menjadi beberapa acara, yakni perkenalan dengan Dosen Penasihat serta penjelasan mengenai website resmi FTP-UKWMS, yakni www.foodtech.ukwms.ac.id, serta penjelasan mengenai pengisian konsep Kartu Rencana Studi (KRS), dan penjelasan mengenai mata kuliah yang akan diambil.



Setelah melalui sesi yang cukup panjang, PPK hari ke-3 diakhiri dengan yel-yel bersama, sesi kesimpulan acara serta penugasan individu dimana setiap Wimates diwajibkan untuk menyiapkan dan mengulas makan siang yang akan disantap dengan tema Gizi Seimbang dalam bentuk video dan feeds, lalu diunggah ke Instagram sosial mereka masing-masing. Sesi kesimpulan acara dibawakan oleh Laurensia Maria Yulian D. D., S.Pt., M.Biotech yang mengulas kembali mengenai poin penting yang wajib untuk dipahami Wimates berkenaan dengan simulasi kuliah dan praktikum daring, serta pengisian konsep KRS serta etika yang baik dan benar dalam berkonsultasi dengan Dosen Penasihat Akademik serta mengingatkan kembali mengenai penugasan yang wajib untuk dikumpulkan Wimates pada hari PPK hari ke-3.


Pekan Pengenalan Kampus yang telah berjalan selama 3 hari secara daring tentu tidak mampu merepresentasikan keadaan kuliah yang sesungguhnya karena terdapat berbagai faktor yang mempengaruhinya. Namun, PPK menjadi ajang bagi Wimates untuk memiliki ‘bekal’ yang cukup untuk mempersiapkan diri menghadapi studi di Perguruan Tinggi yang tidak hanya menuntut untuk memiliki kemampuan dalam berpikir, namun memiliki keahlian dalam memanajemen, baik waktu, tenaga, dan bersosialisasi dengan sesama. Proses yang telah Wimates lalui selama 3 hari masa PPK diharapkan mampu membuat kualitas mental dan hasrat untuk belajar menjadi teruji dan unstoppable!


Penulis : Arco Anggoro

56 views0 comments

Comments


bottom of page