top of page
Writer's pictureIvan Jose Susanto

Proficiat!! Prof. Dr. Ir. Anna Ingani Widjajaseputra, M.S.


Selasa, 19 Desember 2023 - Hari berbahagia untuk Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya terkhusus untuk Fakultas Teknologi Pertanian, karena salah satu dosen prodi teknologi pangan, yaitu Prof. Dr. Ir. Anna Ingani Widjajaseputra, M.S. dikukuhkan menjadi guru besar dalam bidang ilmu pangan. Acara pengukuhan jabatan akademik guru besar merupakan tradisi akademik bagi seseorang yang karena keilmuannya diterima sebagai guru besar dalam rapat terbuka universitas. Acara dimulai dengan penuh khidmat oleh kedua MC, Ibu Laurensia Maria Yulian D. D., S.Pt., M.Biotech. dan Sergio Gregory (FTP’ 20). Para pembawa bendera, rektor, beserta anggota rapat terbuka universitas dan Prof. Ingani memasuki ruang sidang terbuka (Audit B UKWMS) berdampingan dengan pembawa pedel, Pak Hendrikus Priya Adil Sutrisna, tenaga pendidikan Fakultas Teknologi Pertanian UKWMS. Sesaat kemudian, lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan oleh seluruh peserta rapat beserta hadirin dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, dipimpin oleh rektor. 


Pembukaan acara secara resmi oleh Rektor UKWMS, Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt. diikuti pembacaan riwayat hidup serta pengalaman penelitian dan pengabdian masyarakat dari Prof. Ingani oleh wakil rektor I, Ibu Ir. Aning Ayucitra, Ph.D., IPM., ASEAN., Eng. Melalui pembacaan riwayat kehidupan  dan perjuangan kerasnya dalam mendalami ilmu pangan serta abdinya untuk UKWMS, Prof. Ingani berhak menerima penghargaan sebagai guru besar. Pengukuhan guru besar dilanjutkan dengan penyampaian orasi ilmiah oleh Prof. Dr. Ir. Anna Ingani Widjajaseputra, M.S. dengan judul Peran Distribusi Air pada Kestabilan Mutu Produk Pangan Berbasis Pati. Orasi ilmiah disampaikan dengan baik dan informatif dengan paparan ilmu mengenai pangan yang menarik bagi seluruh hadirin acara. Singkat cerita, acara ditutup dengan doa syukur oleh Romo Ignatius Sadewo Setiabudi dan ramah tamah.


Pengukuhan guru besar Prof. Dr. Ir. Anna Ingani Widjajaseputra, M.S. membawa kebanggaan tersendiri bagi beliau dan orang-orang di sekitarnya termasuk keluarga, teman rekan sesama dosen FTP UKWMS, dan juga mahasiswa. Dalam sesi wawancara, Prof. Ingani mengatakan bahwa seseorang harus mengutamakan sistem di mana dia berada, dan bukan hanya memikirkan dirinya sendiri. Hal tersebutlah yang memotivasi beliau sebagai dosen tetap dalam memperjuangkan gelar guru besar dan membawa nama FTP UKWMS. Melalui wawancara bersama Ibu Ir. Theresia Endang Widoeri Widyastuti, MP., IPM., beliau menyampaikan ucapan selamat dan rasa syukur akan pencapaian yang diraih oleh Prof. Ingani. Beliau mengetahui betapa keras perjuangan Prof. Ingani, yang telah sekian lama dalam mendapatkan gelar guru besar ini. Akhir kata, segenap Fakultas Teknologi Pertanian UKWMS ingin mengucapkan selamat atas pencapaian yang telah diraih oleh Prof. Ingani dan semoga melalui pencapaian ini dapat bermanfaat bagi segenap institusi pendidikan UKWMS, FTP UKWMS, dan memberikan motivasi tinggi kepada setiap orang disekitarnya untuk tekun belajar dan meraih prestasi. Proficiat Prof. Ingani! (IJS)






Tags:

73 views0 comments

Comments


bottom of page