top of page
foodtechzefanyal22

Seru dan Interaktif!! FTGS 2023 Berkunjung ke Tiga Kota!!


13, 19, 20 Oktober dan 3 November 2023 - Hari terlaksananya acara Food Technology Goes To School 2023 (FTGS 2023) yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (BEMF-TP UKWMS). Apakah Foodies tahu apa itu acara FTGS? FTGS merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh BEM FTP dimana FTP UKWMS akan berkunjung ke beberapa sekolah untuk memberikan edukasi mengenai FTP UKWMS dan menariknya, tak hanya memberi informasi mengenai FTP UKWMS saja, namun juga mengajak siswa-siswi SMA ikut berpartisipasi dalam membuat suatu produk olahan dengan dasar ilmu yang diajarkan secara langsung dalam rangkaian acara FTGS. FTGS 2023 dilaksanakan di tiga kota di Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Malang dengan mengusung tema Foodtech Style Noodles. Pada tahun ini, FTGS di Surabaya hadir khusus untuk mengedukasi 2 SMA di masing-masing kota. Kota pertama yang dikunjungi adalah Kota Surabaya, yaitu di SMA Kristen Petra 1 (13 Oktober 2023) dan SMA Kristen Masa Depan Cerah (19 Oktober 2023). Kota kedua adalah Sidoarjo, yaitu di SMAK Untung Suropati (19 Oktober 2023) dan SMA Kristen Petra 4 (20 Oktober 2023). Kota ketiga adalah Malang, yaitu di SMAK St. Albertus dan SMAK Kolese Santo Yusup (3 November 2023). Keenam sekolah dari 3 kota berbeda tersebut mendapat kesempatan untuk merasakan pengalaman seru dalam acara FTGS 2023.

Kegiatan dibuka dengan penayangan video FTGS, setelah itu dilanjutkan dengan sambutan yang hangat oleh Bryan Dharmawan selaku ketua pelaksana FTGS. Pemberian cinderamata kepada pihak sekolah juga dilakukan sebagai tanda terima kasih atas partisipasi mereka. Dalam sesi presentasi singkat tentang FTP UKWMS para siswa diberi gambaran mengenai FTP, bekal ilmu yang akan didapatkan, visi-misi serta akreditasi FTP UKWMS, kemampuan yang akan dimiliki lulusan FTP, pengenalan laboratorium penunjang pendidikan, aktivitas kemahasiswaan, dan aktivitas ormawa. Selain itu, para siswa juga diperlihatkan video keseruan di FTP untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kegiatan di FTP. Sesi workshopFoodtech Style Noodles” menjadi salah satu highlight acara. Para siswa diberikan demonstrasi pembuatan mie yang unik serta menarik dengan berbagai tambahan bahan pewarna alami seperti bunga telang, buah naga, dan bayam.

Para siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian diajak untuk menerapkan apa yang sudah dipelajari dari workshop sebelumnya dan mencoba membuat serta mengkreasikan mie buatan mereka sendiri. Adonan mie digiling sesuai keinginan para siswa dan diserahkan kepada para panitia untuk dimasak. Sambil menunggu mienya matang, para siswa diperlihatkan kembali video mengenai FTP tetapi kali ini videonya membahas fun fact mengenai produk pangan (roti) disertai dengan pengenalan lebih dalam tentang laboratorium penunjang pendidikan. Untuk memeriahkan acara, panitia mengajak para siswa untuk bermain games. Para siswa harus terus menyalurkan kotak minuman saat musik masih diputar dan saat musik berhenti siapapun yang memegang kotak minuman tersebut harus maju ke depan untuk menjawab pertanyaan mengenai workshop. Hadiah yang menarik dibagikan kepada para siswa yang berhasil menjawab pertanyaan.

Seusai bermain game, para panitia membagikan mie buatan para siswa yang sudah matang. Sambil menyantap mie, para siswa diberikan informasi mengenai kegiatan Food Technology Rally Games (FTRG), Food Technology Infographic Competition (FTIC), dan Food Technology Journalistic Competition (FTJC) yang merupakan acara perlombaan bagi para siswa SMA. Acara ditutup dengan pengisian kuesioner dan foto bersama sebagai kenang-kenangan. Setelah acara selesai, beberapa peserta memberikan kesan pesannya selama mengikuti FTGS ini. “Acara hari ini sangat seru dan dapat pengalaman yang baru karena diajarkan membuat mie yang diberikan pewarna alami. Mie yang dibuat warnanya jadi lebih menarik dan rasanya juga enak,” ungkap beberapa peserta. Selain itu Ketua Pelaksana FTGS 2023, Bryan Dharmawan (FTP'22) menyatakan bahwa acara berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi banyak siswa-siswi SMA di ketiga kota. Dalam proses pelaksanaan acara, tentu muncul rasa lelah, namun semuanya dapat terbayar dengan sukses dan terselesaikannya acara FTGS 2023 di 3 kota ini. Bryan juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan segenap sekolah yang dikunjungi karena telah membantu keberhasilan acara FTGS 2023. (IJ, ZL, CM)

Sekian berita mengenai keseruan kegiatan FTGS 2023, sampai jumpa di FTGS 2024 !



Tags:

45 views0 comments

Comments


bottom of page