top of page
Writer's pictureIvan Jose Susanto

Summer Course 2024 Coffeepedia: Philosophy, Industrial, and Lifestyle FTP UKWMS




Pada tanggal 3-12 Juli 2024, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya mengadakan Summer Course Coffeepedia: Philosophy, Industrial, and Lifestyle. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa angkatan 2021 dan 2022 dan juga beberapa dosen yang ikut berpartisipasi. Summer Course Coffeepedia mengangkat tema tentang kopi sebagai bahan pangan yang saat ini sedang tren dikonsumsi di berbagai kalangan masyarakat, sehingga ilmu pengetahuan akan filosofi kopi, industri pengolahan kopi, dan juga gaya hidup terkait kopi menjadi suatu hal yang menarik untuk dipelajari dan menjadi bekal untuk para peserta dalam bidang pengetahuan akan kopi. Banyak sekali pembelajaran yang dapat diperoleh peserta Summer Course Coffeepedia melalui narasumber yang keren, kunjungan industri, serta beragam kegiatan seru yang dilakukan melalui kegiatan Summer Course Coffeepedia ini. 


Kehadiran narasumber yang terkualifikasi dalam menyampaikan materi seputar kopi dalam setiap sesi acara ini menunjang rasa penasaran peserta dalam memperoleh informasi yang dalam mengenai kopi, seperti Sesi Filosofi Kopi yang membahas senyawa bioaktif kopi yang disampaikan oleh Ibu Dr. Dian Herawati dari Institut Pertanian Bogor (IPB); Sesi Kopi Sebagai bagian dari lifestyle masyarakat yang disampaikan oleh Bapak Anggit Arga selaku Head of F&B Division dari Doubletree Hotel by Hilton; serta Sesi Kopi Flores yang membahas keragaman, potensi usaha pertanian, dan dukungan pemerintah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Manggarai, Bapak Livinus Livens, S.T., MP. Tak berhenti sampai disana, Coffeepedia juga mengundang dosen internal FTP UKWMS untuk menyampaikan materi Pengolahan kopi dari coffee berry hingga menjadi kopi bubuk yang disampaikan oleh Bapak Ir. T. Dwi Wibawa Budianta, MT., IPM. Sesi ini juga dilengkapi dengan sesi praktikum bersama pada hari berikutnya, dimana para peserta melakukan proses pengolahan instanisasi kopi melalui aglomerasi. Sesi praktikum dilakukan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan & Pilot Plant FTP UKWMS. Peserta belajar membuat kopi bubuk instan dari ekstrak kopi dengan menggunakan variasi konsentrasi filler dan jenis pembuih dengan metode foam mat drying. Materi yang tak kalah penting mengenai perubahan komponen kimia selama proses pengolahan kopi disampaikan oleh Ibu Dr. Ir. Susana Ristiarini, M.Si

Pembelajaran tentang kopi yang didapatkan tidak hanya terbatas pada pengetahuan filosofis, lifestyle, dan sains saja, namun juga pengetahuan tentang sensoris kopi dan pengolahan kopi di tingkat industri dan perhotelan. Dalam melengkapi kebutuhan akan hal-hal tersebut, Coffeepedia FTP UKWMS menyediakan sesi Coffee sensory lexicon bersama Ibu Rachel Meiliawati Yoshari, S.TP, M.Si; Uji sensoris kopi bersama Ibu Ir. Theresia Endang Widoeri Widyastuti, MP. dan Ibu Dr. Maria Matoetina Suprijono, SP, M.Si. Melalui kedua sesi tersebut, peserta memperoleh pengetahuan yang kompleks mengenai sensoris kopi baik teori maupun secara praktik dengan menghirup beberapa sampel yang berasal dari Coffee Taster’s Flavor Wheel, serta uji sensori perbedaan dan kesukaan terhadap jenis kopi yang berbeda yang dilaksanakan langsung di Laboratorium Pengujian Mutu dan Sensoris FTP UKWMS. Dalam mengetahui aplikasi pengolahan kopi pada bidang perhotelan, dilakukan kunjungan di DoubleTree Hotel by Hilton. Pada kunjungan tersebut ditunjukkan bagaimana sejarah kopi, serta demo metode penyeduhan kopi baik melalui espresso machine dan produk-produk minuman kopi yang dihasilkan, serta metode-metode penyeduhan kopi secara manual seperti V60, Kalita Wave, French Press, dan lain sebagainya yang dipraktikkan oleh barista DoubleTree Hotel by Hilton yang profesional. Setelah mengetahui aplikasi pengolahan kopi di bidang hotel, pengetahuan peserta diperkaya dengan Studi ekskursi di CV Makmur Adijaya Probolinggo yang didirikan oleh alumni FTP UKWMS, Bapak Adi Satria, S.TP dan PT Santos Jaya Abadi, Sidoarjo yang memproduksi berbagai brand produk kopi seperti Kapal Api, Kopi ABC, Excelso, dan lain lain. Kedua industri kopi memfasilitasi para peserta dengan pengetahuan akan pengolahan kopi di tingkat industri. 




Untuk mendukung sekaligus membekali peserta untuk memiliki kemampuan berwirausaha di bidang kopi, khususnya kafe, kedua narasumber yang banyak terlibat dalam kewirausahaan kopi, Bapak Aldo H. Sancoko, SE., MM., CBA., CMP. dosen Fakultas Kewirausahaan UKWMS sekaligus co-founder dari PT Anugerah Alfa Abadi, certified entrepreneurship Coach, manpower planner, behaviour analyst dan Bapak Andreas Alvin S.TP, sebagai alumni FTP UKWMS, Managing Director CV Matahari Prima Ruteng, Owner Calin Cafe, Calin Baking Supply Store, Calin Bakery, dan Calin Cooking Course, serta Head Coordinator RnD Department di Tristar Group. Kedua narasumber menyampaikan mengenai pertimbangan akan penyediaan kopi hingga ke kafe, serta langkah persiapan apa saja yang diperlukan dalam pemberlakuan usaha kafe. Dalam mengaplikasikan kompleksitas pengetahuan yang telah diperoleh, peserta Coffeepedia merancang usaha kafe kopi dari hulu ke hilir secara berkelompok sebagai tugas akhir yang direpresentasikan sebagai penggenapan tugas akhir Summer Course Coffeepedia. 

Summer Course Coffeepedia yang dilaksanakan oleh FTP UKWMS telah berhasil mengedukasi dan membekali para peserta dengan pengetahuan yang lengkap mengenai kopi. Ilmu yang didapatkan diharapkan menjadi benih yang suatu hari dapat dituai hasilnya dengan melalui pengalaman dan usaha yang dilakukan di setiap harinya. Summer Course 2024 Coffeepedia: Philosophy, Industrial, and Lifestyle merupakan kegiatan Summer Course yang pertama kali diadakan oleh FTP UKWMS. Melalui kegiatan ini, para peserta memberi tanggapan bahwa acara ini secara positif bermanfaat dan memberikan banyak pengalaman baru. Akhir kata, sampai jumpa di kegiatan FTP UKWMS selanjutnya!! (IJS)





Tags:

40 views0 comments

Comments


bottom of page